Penamaan versi Android

Seperti software lain, Android memiliki nomor versi. Selain nomor versi, Google juga menyematkan nama julukan untuk setiap versinya yang berbasiskan nama makanan penutup. Jika anda sudah lama mengenal Android, tentu hal ini bukanlah hal aneh.
Hal unik lain selain pemberian nama makanan penutup yang manis, Google juga menggunakan alfabet yang berurutan. Berikut kami rangkum seluruh nama Android beserta versinya hingga artikel ini turun.
Android 1.0 (Tidak memiliki nama makanan)
Android 1.1 Petit Four (nama ini tidak digunakan untuk publik) Android 4.1 – 4.3.1 Jelly Bean
Android 1.5 Cupcake Android 4.4 – 4.4.4 Kitkat
Android 1.6 Donut Android 5.0 – 5.1.1 Lollipop
Android 2.0 – 2.1 Eclair Android 6.0 – 6.0.1 Marshmallow
Android 2.2 – 2.2.3 Froyo Android 7.0 – 7.1.2 Nougat
Android 2.3 – 2.3.7 Gingerbread Android 8.0 – 8.1 Oreo
Android 3.0 – 3.2.6 Honeycomb Android 9.0 Pie
Bisa anda lihat pada tabel diatas, seluruh nama julukan untuk Android menggunakan nama makanan penutup manis dan berurutan. Pengecualian terhadap 2 versi awal dimana versi pertama tidak memiliki nama julukan dan kedua, julukan namanya hanya digunakan untuk internal saja.
Android khusus untuk perangkat Tablet
Android 3 Honeycomb
Satu versi yang paling unik diantara semua versi yaitu Android 3.0 Honeycomb. Versi yang dirilis pada bulan Februari 2011 ini hanya tersedia untuk tablet saja. Untuk itu, beberapa aplikasi bawaan seperti Galeri menggunakan tampilan super lebar. Aplikasi email dan kontak pun menggunakan 2 panel kiri dan kanan.

Android di berbagai merk serta pengubahannya

Kelebihan sistem operasi Android yang berbentuk open source tentu merupakan kesempatan besar pihak ketiga atau perusahaan untuk mengeluarkan smartphone tanpa perlu harus membuat sistem operasi sendiri. Selain itu, perusahaan dapat mengubah sebagian atau seluruh aspek Android dengan menambah maupun mengurangi fitur.
Walau Samsung dan Xiaomi menggunakan Android, tampilan antarmuka kedua perangkat tersebut sangatlah berbeda, layaknya memiliki 2 sistem operasi yang berbeda. Oleh karena itu, Android begitu fleksibel hingga perusahaan tak perlu membuat sistem operasi baru dan cukup mengubah Android-nya saja.
Ada 2 hal yang biasa perusahaan atau produsen smartphone ubah atau tambah di Android agar Android versinya berbeda dengan yang lain.





Android 4.0 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Android / Penjelasan Teknologi

Android (sistem operasi)